LEMBAR
PERSETUJUAN OLEH DUNIA KERJA
Diterima
Tanggal : ....................................
Disetujui Tanggal : ....................................
MENGETAHUI,
KEPALA Dunia Kerja
NAMA
Pangkat
NIP.
|
PEMBIMBING PRAKTIK
DUNIA KERJA
NAMA
Pangkat
NIP.
|
LEMBAR PENGESAHAN OLEH SEKOLAH
Diterima tanggal : ...................................
Disetujui
tanggal : ...................................
MENGETAHUI,
|
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT yang telah memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya sehingga dapat
terselesaikannya Laporan Hasil Kerja Siswa pada Kejaksaan Negeri Kabupaten
Lumajang Tahun Pelajaran 2013/2014 ini.
Penyusun
menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan dan bimbingannya dalam menyelesaikan kegiatan
Pendidikan Sistem Ganda, terutama kepada yang terhormat :
1. Bapak Sudiyanto, SH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Lumajang yang
telah memberikan izin dan tempat dalam pelaksanakan PSG;
2. Ibu Dra. Soetatik, M.Pd, selaku Kepala SMK
Negeri 1 Lumajang.
3. Bapak
H. Rachmad,
Mp.d selaku Ketua Pelaksana Pokja PSG;
4. Ibu Siti Muniroh Ulfa, S.Pd, selaku Kepala Program Jurusan Administrasi Perkantoran.
5. Bapak Adnan Sulistiyono, SH bersama
dengan Saudari Retno Kartikasari, A.Md dan Saudari
Heni selaku pembimbing praktik yang telah memberikan bimbingan dengan baik
selama PSG;
6. Drs. Kusdariyanto selaku pembimbing
praktik dari sekolah;
7. Kedua orang tua yang senantiasa memberikan
dukungan serta doa dalam kegiatan ini;
8. Serta pihak-pihak lain yang telah membantu
penyusun dalam menyelesaikan laporan ini.
Laporan ini merupakan
wujud tanggung jawab penyusun secara tertulis atas pelaksanaan Praktik Kerja
Siswa dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. oleh
karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun
sangat penyusun harapkan.. Semoga laporan ini dapat memberikan
manfaat kepada semua pihak yang
membacanya.
Lumajang, 5 Oktober 2013
Penyusun
DAFTAR
ISI
LEMBAR PERSETUJUAN OLEH DUNIA KERJA .....................................
LEMBAR PENGESAHAN OLEH SEKOLAH................................................
KATA PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................
A.
Latar
Belakang...........................................................................
B.
Dasar Penyelengaraan Praktik Kerja...........................................
C.
Tujuan........................................................................................
1. Tujuan Umum.......................................................................
2. Tujuan Khusus......................................................................
BAB II PELAKSANAAN PRAKTIK..........................................................
A.
Waktu
Pelaksanaan...................................................................
B.
Tempat
Praktik.........................................................................
C.
Pembimbingan...........................................................................
D.
Kegiatan...................................................................................
E.
Hasil
yang diperoleh..................................................................
F.
Permasalahan
yang dihadapi......................................................
G.
Gambaran Umum Tempat Praktik..............................................
1. Profil Kejaksaan Negeri
Lumajang........................................
2. Kantor dan Pegawai Kejaksaan
Negeri Lumajang.................
3. Nama-nama Kepala Kejaksaan
Negeri Lumajang.................
4. Struktur
Organisasi Kejaksaan Negeri Lumajang...................
5. Tugas
Pokok Dan Fungsi Organisasi ....................................
BAB III PENUTUP..........................................................................................
A.
Kesimpulan................................................................................
B.
Saran
– saran.............................................................................
1. Untuk Sekolah......................................................................
2. Untuk siswa yang akan praktik..............................................
LAMPIRAN .....................................................................................................
A.
Instrumen
Praktik Kerja (Siswa).................................................
1.
Identitas siswa.......................................................................
2. Tata Tertib...........................................................................
3. Kompetensi Keahlian............................................................
4. Agenda Kegiatan Praktik Siswa............................................
5. Catatan Pembimbing.............................................................
B.
Instrumen
Praktik Kerja (Dunia Kerja)........................................
1. Identitas Dunia Kerja............................................................
2. Kompetensi Keahlian............................................................
3. Tata Tertib...........................................................................
4. Absen..................................................................................
5. Surat Keterangan dan Daftar Nilai.........................................
C.
Bukti
Belajar .............................................................................
1.. Menerapkan
Prinsip Dasar Akuntansi....................................
2.. Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan
Administrasi
Perkantoran .......................................................................
3.. Mengaplikasi
Keterampilan Dasar Komunikasi......................
4.. Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama
Kolega dan
Pelanggan .............................................................................
5.. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja
dan
Lingkungan Hidup (K3LH)....................................................
6.. Mengoperasikan
Aplikasi Perangkat Lunak...........................
7.. Mengoperasikan
Aplikasi Presentasi.....................................
8.. Mengelola Peralatan Kantor..................................................
9.. Melakukan Prosedur Administrasi.........................................
10.Menangani Penggandaan Dokumen.......................................
11.Menangani Surat / Dokumen Kantor.....................................
12.Mengelola Sistem Kearsipan.................................................
13.Membuat Dokumen..............................................................
14.Memproses Perjalanan Bisnis...............................................
15.Mengelola Pertemuan / Rapat...............................................
16.Mengelola Dana Kas Kecil..................................................
17.Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan...........................
18.Mengelola Data / Informasi ditempat kerja............................
19.Mengaplikasikan Administrasi
Perkantoran di Tempat
Kerja...................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam Bab ini secara berturut-turut akan
di bahas mengenai Latar Belakang, Dasar, Tujuan dan Pengertian praktik kerja
siswa dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
A.
Latar Belakang
Didasari dalam rangka meningkatkan wawasan
pengalaman belajar dan penguasaan keterampilan serta mencetak lulusan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) yang ahli dan terampil,
antara lain diperlukan adanya upaya berbagai aktivitas belajar, baik di
dalam maupun di luar sekolah.
Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut, yaitu
menyelenggarakan program Kegiatan Praktik siswa dalam rangka Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) di dunia kerja terkait sesuai dengan program keahlian yang telah
ditetapkan oleh sekolah yang berguna sebagai kesempatan pengenalan dan
pelatihan langsung tentang Dunia Kerja.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diadakan dalam
rangka menyambut datangnya pasar bebas tingkat Asia maupun Dunia
sehingga siswa sudah siap dalam menghadapi dan berada di dalamnya.
B.
Dasar Penyelenggaraan Praktik Kerja
Penyelenggaraan
Praktik Kerja dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) didasarkan atas ketentuan -ketentuan yang tertuang dalam :
1. Undang – undang No. 2 Tahun 1989, tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990,
tentang Pendidikan Nasional.
3. Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 1992,
tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4. Keputusan Mendikbud No. 080 / U / 1993,
tentang Kurikulum SMK.
C.
Tujuan
Tujuan
Praktik Kerja Siswa pada Dunia Kerja adalah sebagai berikut :
1.
Tujuan Umum :
a. Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan ketentuan
kebutuhan dunia kerja.
b. Meningkatkan efisiensi proses
pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas / profesional.
c. Memberikan pengakuan dan
penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses pendidikan.
d. Membekali
siswa dengan pengalaman kerja yang sesungguhnya dalam dunia kerja dan masyarakat.
e. Memantapkan kedisiplinan dan tanggungjawab siswa dalam melaksanakan tugas serta Mendorong
siswa untuk berjiwa wirausahawan dan mau bekerja
2. Tujuan Khusus
a. Menyiapkan siswa untuk belajar
bekerja secara mandiri maupun bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi
serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakatnya masing – masing.
b. Meningkatkan status dan
kepribadian siswa sehingga mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa
tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
c. Memberikan kesempatan bagi para
siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar profesi.
BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK
Dalam bab II ini akan diuraikan mengenai hasil-hasil dari pelaksanaan Praktik Kerja Siswa SMK Negeri 1 Lumajang
pada kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Lumajang
A. Waktu Pelaksanaan
1.
Lama Praktik : 2 (dua) bulan 15 (lima belas) hari
2.
Dimulai tanggal : 22 Juli 2013
3.
Diakhiri
tanggal : 5 Oktober 2013
B.
Tempat Praktik
1.
Nama Instansi : Kejaksaan Negeri Kabupaten Lumajang
2.
Alamat Lengkap : Jalan Sunandar Priyo Sudarmo No. 68 Lumajang
3.
Nama Pimpinan : SUDIYANTO, SH
C.
Pembimbingan
Pembimbing berasal dari guru sekolah yang ditunjuk
oleh sekolah dan berasal dari Instansi tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Siwa
serta bertanggungjawab untuk melaksanakan pembimbingan Praktik Kerja Siswa.
1.
Nama Pembimbing
a.
Dari Sekolah : Drs. Kusdariyanto
b.
Dari instansi : Adnan Sulistiyono, SH
2.
Jadwal dan Bentuk Bimbingan
a.
Jadwal Bimbingan : Berkala (setiap 1 bulan)
b.
Bentuk bimbingan :
1)
Dari Sekolah : Secara Teori
2)
Dari Instansi : Secara Praktik
3.
Tugas Pembimbing
a.
Membimbing siswa yang
melaksanakan praktek kerja;
b.
Mengarahkan tugas yang harus
dikerjakan;
c.
Memantau siswa selama jam kerja
praktek;
d.
Menilai hasil pekerjaan yang
dilakukan siswa praktek.
D.
Kegiatan
Adapun kegiatan yang penyusun lakukan selama melaksanakan praktik kerja di Kejaksaan Negeri Lumajang, antara lain, sebagai berikut :
1.
Senam
Pagi pada Hari Jumat;
2.
Mengagendakan
Surat Masuk dan Surat Keluar;
3.
Mengarsip
Surat Masuk dan Surat Keluar ;
4.
Mendistribusikan Surat atau
Dokumen;
5.
Men-scan Dokumen;
6.
Mengirim E-mail;
7.
Menerima faximile;
8.
Menerima Telepon;
9.
Menyetempel
Surat atau Dokumen;
10.
Mengisi
Kartu Kendali Surat
Masuk;
11.
Mengisi
Lembar Disposisi Surat
Masuk;
12.
Mengiventarisasi
Buku-buku Perpustakaan;
13.
Menginput
Data Perkara Pidana Umum (Pidum) ke Aplikasi Simkari;
14. Menginput
Data Inventarisasi Buku-buku di Perpustakaan Kejaksaan Negeri Lumajang ke Aplikasi Simkari;
15. Foto copy / Menggandakan;
16. Mengetik / Memproses surat;
17. Meregister Laporan Bulanan ;
18. Mengarsipkan Dokumen, dan lain – lain
E.
Hasil yang diperoleh
Berikut adalah hasil yang Penyusun
peroleh selama melaksanakan praktik
kerja di Kejaksaan Negeri Lumajang, antara lain :
F. Permasalahan Yang Dihadapi
Dalam hal ini, selama prakerin Penyusun
tidak mendapat
masalah-masalah serius yang dihadapi. Penyusun hanya mengalami sedikit kesulitan dalam mendapatkan bukti
belajar
praktik kerja siswa, karena banyak terdapat berkas/dokumen yang bersifat
rahasia.
Tetapi pembimbing selalu memberikan arahan terlebih
dahulu unuk mendapatkan bukti belajar tersebut.
Pembimbing juga selalu memberikan arahan terlebih dahulu sebelum
Penyusun melakukan
tugas-tugas yang diberikan. Sehingga dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik dan tidak ada
masalah. Dan
apabila terdapat sedikit masalah lain atau sesuatu hal lain yang tidak
dimengerti, Penyusun segera menghubungi dan bertanya kepada pembimbing atau
karyawan yang bersangkutan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut dan juga
berkonsultasi kepada pembimbing dari sekolah jika mengalami kesulitan yang lain.
BAB III
PENUTUP
Dengan mengucapkan Alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Atas terselenggaranya
Praktik Kerja Industri di Kejaksaan Negeri Lumajang, sehingga tersusun laporan ini. Sehingga dapat memenuhi tugas pembelajaran Praktik
Keahlian.
Semoga dengan adanya laporan ini dapat menambah
wawasan serta pengetahuan yang lebih berarti, dan tidak lupa Penyusun sampaikan
terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan
laporan ini.
A. Kesimpulan
Selama
melaksanakan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) di Kejaksaan
Negeri Lumajang Kabupaten
Lumajang ini, penyusun juga mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang
berharga. Penyusun jadi mengerti, bahwa dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
Setelah melaksanakan praktik kerja di Kejaksaan Negeri Lumajang, Kabupaten Lumajang begitu banyak pengalaman yang diperoleh yang belum Penyusun
dapatkan dari sekolah. Melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dapat lebih
membuka pikiran terhadap hal – hal baru dan informasi- informasi luas, sehingga bisa menambah wawasan yang
lebih luas.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sendiri mengandung pengertian pendidikan dua
arah atau dua sisi, yaitu pendidikan di dalam dan di luar
sekolah. Tujuan PSG itu sendiri adalah untuk menciptakan siswa yang mempunyai
etos kerja tinggi dan mempunyai keterampilan serta kemampuan yang cukup untuk
dapat terjun langsung ke masyarakat.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) akan berjalan baik bila semua unsur – unsur
yang menjadi penopang saling melengkapi, seperti guru, siswa, maupun karyawan.
PSG sangatlah penting mengingat zaman sekarang kebutuhan dunia kerja akan
tenaga kerja yang terampil dan profesional sangat dibutuhkan. Dan penyusun
yakin pendidikan di Kabupaten Lumajang akan semakin maju bila program ini benar – benar dilaksanakan dengan baik serta dengan adanya usaha.
B.
Saran -
saran
1. Untuk Sekolah
a. Diharapkan sekolah dapat lebih
meningkatkan materi dan bimbingan kepada siswa, agar lebih siap dalam
melaksanakan praktik kerja.
b. Pihak sekolah hendaknya
menempatkan siswa praktik di tempat kerja yang sesuai dengan jurusan /
keahliannya.
c. Diharapkan pembimbing praktik dari sekolah lebih memperhatikan kedisiplinan anak
bimbingnya yang melaksanakan praktik kerja.
d. Pembimbing diharapkan lebih
sering memberikan arahan agar menambah keterampilan siswa praktik.
2. Untuk siswa yang akan praktik
a. Pembekalan yang diberikan oleh
sekolah harus diikuti dengan baik dan tertib sehingga memudahkan saat
pelaksanaan praktik kerja.
b.
Persiapkan kemampuan maupun
ketrampilan sebaik mungkin sebelum masuk dunia kerja.
bisa juga lah poenya kalian ini_
BalasHapusMenarik nih.. Bisa dijadikan referensi utk laporan sya yg bru mau dibuat :) Thanks ya.. Kunjungi blogku, http://apriliashare.blogspot.com/
BalasHapusthanks, bisa buat refrensi nih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus:)
BalasHapusterimakasih ..
BalasHapus